Right click is disabled!

Tips Merawat Gigi Supaya Awet Sampai Usia Lanjut

Gigi merupakan organ tubuh yang cukup vital bagi hidup manusia. Hanya saja bagian tubuh tersebut sangatlah unik. Kenapa? Karena gigi tidak selamanya melekat pada tubuh manusia layaknya organ tubuh lainnya. Gigi memiliki keunikan. Tumbuh di usia tertentu. Gigi juga ada sekian kali pergantian, yaitu gigi susu semasa kanak-kanak dan gigi permanen sampai usia dewasa.

Gigi rentan terkena karies, karang gigi dan aneka masalah gigi lainnya. Jika bayi terlahir ompong, di usia tua gigi juga akan kembali ompong. Batas usia tumbuh dan tanggal gigi tidak sama antar individu. Banyak faktor yang berpengaruh antara lain genetis, makanan, perawatan kesehatan gigi dan lain sebagainya. Untuk itu, akan kita bahas mengenai tips merawat gigi supaya dapat awet sampai usia lanjut dan mencegah tanggal gigi di usia muda.
tips merawat gigi

Berikut Tips Alami Merawat Gigi dengan perawatan yang benar rekomendasi dari pakar Dokter gigi ahli dibidangnya

  1. Merawat Email Gigi

Email gigi merupakan lapisan pelindung pada gigi. Email yang tipis akan mengakibatkan gigi menjadi mudah patah dan keropos. Untuk merawat email gigi banyak yang dapat dilakukan. Makanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penipisan email. Makanan berasa masam akan menimbulkan suasana asam mengakibatkan bakteri gigi berkembang Biak dan terkumpul, akibatnya lapisan email bisa mengalami penipisan.

Email gigi juga dapat mengalami pengikisan dengan tekanan keras seperti menyikat gigi terlalu sering dan keras. Gunakan sikat gigi yang lembut dengan gerakan menyikat halus tidak terlalu menekan. Gerakan sikat memutar akan membantu menghilangkan sisa makanan yang menempel dengan mudah tanpa menyebabkan erosi gigi. Tips merawat gigi dengan melindungi lapisan email ini sangat penting. Produk pasta gigi yang mengandung fluoride akan sangan membantu merawat email gigi.

  1. Merawat Gusi

Gigi tertanam pada gusi. Gusi yang Bagus dan kokoh akan mampu menopang pertumbuhan gigi serta membuatnya awet tertancap. Salah satu tips merawat gigi adalah dengan merawat gusi. Penyakit gingivitis dapat menyebabkan gusi rapuh dan jaringannya merenggang. Akibatnya gigi menjadi lebih mudah lepas atau tanggal. Gusi bisa mengalami masalah salah satunya adalah faktor kebersihan mulut yang kurang baik.

Perawatan rongga mulut seperti sering membersihkan mulut meskipun dengan cara kumur menggunakan antiseptik disarankan secara rutin paling tidak jika 2 hari sekali. Bakteri mulut dapat menyebabkan terjadinya infeksi yang mengakibatkan gusi menjadi rapuh. Pada beberapa kasus, genetik berperan menimbulkan kerapuhan gusi. Tetapi bisa dibantu dengan perawatan optimal. Konsumsi vitamin C dapat membantu menguatkan gusi. Jika anda tidak memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau kolesterol maka anda dapat mengkonsumsi makanan berbahan daging baik sapi maupun kambing untuk meningkatkan kekuatan gusi dan kepadatan jaringan ikat pada gusi.

Selain itu, konsumsi sayuran dan buah juga dapat membantu menguatkan gusi serta mencegah erosi gusi. Tetapi khusus daging, perlu dimasak yang lebih lunak supaya tidak membuat gigi berat mengunyah.

  1. Mencegah Terbentuknya Plak Gigi

Plak gigi atau karang gigi merupakan salah satu penyebab keropos pada gigi. Penyebab plak adalah infeksi bakteri yang diperantarai oleh adanya medium tumbuh bakteri, yaitu sisa makanan. Kondisi asam akan memperparah terbentuknya plak gigi. Bakteri subur berkembang di medium makanan dalam suasana asam.

Untuk mencegah timbulnya plak, tips merawat gigi adalah dengan membersihkan gigi secara teratur 2 kali sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur malam. Adapun supaya suasana asam tidak terbentuk, berkumur air garam dapat membantu. Atau berkumur dengan menggunakan air teh juga bisa menjadi tips merawat gigi yang ampuh.

Demikian tips merawat gigi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan