Right click is disabled!

Tips Mengatasi Nyeri Punggung

Nyeri punggung banyak dialami oleh individu baik tua maupun muda. Penyakit ini diawali dengan punggung terasa panas, kaku serta nyeri. Pada kondisi parah bisa menyebabkan bengkak. Meskipun tidak berbahaya, namun nyeri punggung akan sangat mengganggu kenyamanan terutama jika individu masih aktif beraktifitas. Nyeri punggung pada umumnya disebabkan oleh aktifitas tetap yang membutuhkan kerja tulang penyangga bagian belakang tubuh.

Sebagai contoh seseorang yang bekerja memanggul barang berat setiap hari atau seseorang yang bekerja duduk secara terus menerus tanpa menggunakan kursi yang santai sehingga tubuh selalu tegak ditopang oleh tulang punggung. Sebenarnya yang nyeri adalah otot pada punggung mengalami ruam atau erosi yang mengeluarkan senyawa radang dan menimbulkan nyeri. Artikel kali ini akan membahas mengenai tips mengatasi nyeri punggung.
Tips Mengatasi Nyeri Punggung

Berikut adalah tips mengatasi nyeri punggung yang bisa dilakukan.

  1. Beraktivitas Tidak Secara Terus-Menerus

Aktivitas sama yang dilakukan secara terus-menerus akan dapat mengakibatkan cidera maupun nyeri. Otot penyangga tubuh akan bekerja lebih berat dan menimbulkan reaksi rangsangan untuk sel kekebalan tubuh aktif yang disebut sel fagosit. Sel tersebut sebenarnya berfungsi untuk mencegah adanya infeksi yang masuk ke dalam tubuh, tetapi dalam kondisi over aktivitas, maka sel tersebut akan mengeluarkan senyawa aktif berupa senyawa radang dan juga mencoba memakan sel asing yang masuk. Beberapa sel yang dianggap asing antara lain sel mati tubuh.

Senyawa radang menimbulkan ruam atau kadang disertai bengkak dan timbul rasa nyeri. Ketika beraktivitas terus menerus, maka sel radang akan semakin aktif dan tubuh menimbulkan reaksi sakit. Oleh karena itu di sela aktivitas rutin upayakan untuk bisa beristirahat walau sejenak. Istirahat dapat dengan berdiri dari kursi lalu berjalan-jalan sesaat.

  1. Minum Air Jeruk Hangat

Air jeruk hangat sangat Bagus untuk kesehatan. Kandungan vitamin C pada jeruk memiliki kemampuan menyeimbangkan kadar sitokin yang dikeluarkan oleh sel kekebalan tubuh. Selain itu jeruk mampu meningkatkan kebugaran tubuh. Tubuh tidak mudah sakit maupun penat.

Vitamin C juga mampu meningkatkan sekresi senyawa anti analgetik alami dalam tubuh antara lain endorfin. Senyawa endorfin yang disekresikan oleh sel saraf akan mampu menurunkan rasa sakit tubuh. Minum jeruk hangat di sela-sela bekerja sangat disarankan. Anda akan merasa bugar, segar, dan seperti belum lama bekerja.

  1. Mendengarkan Musik

Tips mengatasi nyeri punggung  berikut ini mungkin membuat anda bertanya-tanya. Apakah hubungannya antara musik dengan nyeri punggung. Pernahkah anda mendengar istilah musik terapi? Ya, musik terapi adalah melakukan terapi dengan musik. Rasa senang atau bahagia seseorang yang mendengarkan musik ternyata mampu menurunkan hormon yang memicu timbulnya nyeri.

Selain itu ketenangan dan rasa senang dapat membantu menaikkan konsentrasi senyawa endorfin. Secara umum, musik lembut dapat membantu tubuh memperkuat pelepasan senyawa endorfin. Sehingga ketika ada senyawa radang yang menimbulkan sakit maka akan dapat dinetralkan rasa sakitnya dengan hadirnya endorfin tersebut.

  1. Kompres Air Hangat

Jika nyeri punggung sudah terjadi dan anda tidak berkenan minum obat maka salah satu tips mengatasi nyeri punggung adalah mengompres punggung dengan air hangat. Air hangat sangat membantu meningkatkan relaksasi otot sehingga otot tidak memendek dan menegang. Salah satu penyebab nyeri punggung selain ruam adalah pemendekan otot sehingga otot terasa regang, kaku dan nyeri. Air hangat akan sangat membantu untuk merelaksasi otot sehingga kembali menjadi lentur. Tetap tentu anda membutuhkan partner untuk melakukannya.

Demikian tips mengatasi nyeri punggung, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan