Right click is disabled!

Tips Memulai Bisnis Catering Makanan

Memulai sebuah bisnis catering makanan bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Pasalnya, bisnis ini selalu dibutuhkan dalam berbagai kesempatan. Bisnis kuliner ini bisa menjadi sebuah usaha yang menjanjikan untuk Anda. Peluang usaha ini cukup cerah dan memiliki prospek yang menggembirakan.

Usaha catering makanan sangat berkaitan erat dengan kebutuhan manusia. Makanan menjadi salah satu hal pokok yang diperlukan dalam keseharian manusia. Belum lama ini, banyak orang yang mencoba menjalankan bisnis catering baik secara online atau pun offline.

Tingkat persaingan bisnis catering dari waktu ke waktu semakin meningkat. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari beberapa tips untuk bisa bersaing. Ada banyak metode pemasaran yang bisa dicoba. Memilih metode yang paling tepat akan membuat usaha catering yang Anda lakukan berkembang dengan cepat.

7 Tips Bisnis Catering Makanan

Agar bisnis catering yang Anda lakukan menghasilkan keuntungan, penting bagi Anda untuk mempelajari tips berikut :

  1. Mencari pengalaman

Pengalaman merupakan guru yang paling baik. Untuk bisa menjalankan usaha catering, Anda benar-benar perlu pengalaman kerja. Anda akan berdiri selama berjam-jam untuk memasak atau pun mempersiapkan makanan dalam partai kecil maupun besar. Persiapan yang matang akan membuat hasil menjadi lebih memuaskan.

  1. Menentukan nama untuk bisnis yang Anda jalankan

Dikatakan bahwa nama merupakan suatu doa. Nama yang baik akan membawa sesuatu yang baik juga untuk Anda. Anda bisa memilih nama istimewa untuk bisnis catering yang akan dijalankan. Pastikan nama yang dipilih menggambarkan makanan yang Anda jual. Buatlah nama yang unik agar mudah diingat oleh para calon konsumen.

  1. Belajar tentang laporan keuangan

Siapa saja yang ingin menjalankan sebuah bisnis harus memiliki ilmu tentang pengelolaan keuangan. Laporan keuangan harus dibuat sebagai tolak ukur keberhasilan yang telah dicapai. Anda bisa menghitung modal kerja seperti bahan makanan, upah karyawan, hingga sewa peralatan. Kemudian, tentukan harga menunya. Keuntungan pun bisa Anda hitung.

  1. Mencari karyawan yang handal

Melakukan bisnis catering tidak bisa dilakukan seorang diri. Carilah karyawan yang berpengalaman dan berikan tugas sesuai keahliannya. Pastikan juru masak yang dipilih tidak asal-asalan. Bagaimanapun juga, cita rasa menjadi sebuah hal yang paling diamati oleh konsumen.

  1. Menentukan tujuan

Setiap usaha yang dijalankan harus memiliki fokus tujuan yang pasti. Tujuan akan membuat Anda semakin giat dan bisa menjadi motivasi untuk mencapainya. Anda tidak perlu selalu mendengarkan apa kata orang. Hal yang terpenting adalah tetap kreatif untuk membuat bisnis yang dijalankan menjadi lebih pesat. Ciptakan menu-menu berkualitas untuk pelanggan.

  1. Memperluas channel

Untuk membuat bisnis catering semakin dikenal publik, Anda bisa membangun jaringan. Anda bisa bergabung dengan perkumpulan pengusaha catering. Bergabung dengan komunitas akan membuat Anda memiliki wawasan lebih luas tentang bisnis yang sedang dijalankan.

  1. Promosi online

Pertimbangkan untuk melakukan promosi secara online. Di era sekarang, hampir setiap orang telah mengenal media sosial. Anda bisa mempromosikan bisnis melalui media sosial agar lebih mudah ditemukan oleh konsumen. Jangkauan promosi online tidak berbatas ruang dan waktu. Tidak hanya itu, biaya promosi juga jauh lebih murah.

Cara Mengurangi Kerugian Usaha Catering Makanan

Setiap usaha pasti pernah mengalami pasang surut. Namun, Anda bisa melakukan sebuah cara untuk mengurangi resiko yang mungkin akan Anda alami. Berikut beberapa cara mengantisipasi kerugian dalam usaha catering.

  1. Sajikan makanan sesuai cita rasa masyarakat

Masalah yang sering dihadapi dan menimbulkan kerugian adalah rasa masakan. Maka, pertimbangkanlah untuk mempersiapkan makanan sesuai dengan lidah masyarakat.

  1. Pilih bahan berkualitas

Masalah lain bisa timbul karena penggunaan bahan makanan yang kurang berkualitas. Maka, sebisa mungkin pilihlah bahan makanan terbaik demi cita rasa yang berkualitas.

  1. Menambah jumlah karyawan

Jika usaha catering sudah besar, maka seringkali timbul masalah keteteran dalam mempersiapkan makanan. Maka, tambahlah karyawan Anda untuk mengatasi masalah ini.

  1. Membuat jaringan promosi

Masalah lain yang perlu diatasi adalah ketika catering sepi karena kurangnya promosi. Promosi merupakan ujung tombak dari suatu bisnis. Jika Anda ingin memiliki usaha catering yang berhasil, maka lakukan promosi dengan sebaik mungkin dan buatlah jaringan yang solid.

Tidak ada usaha yang akan sia-sia. Bangunlah usaha catering dengan semangat mulai dari sekarang. Demikianlah beberapa tips dalam memulai bisnis catering, semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan