Setiap orang memiliki cara berbeda dalam memulai usaha dari nol. Ada dari mereka yang memang langsung fokus pada keuntungan besar, namun ada pula yang fokus pada hal lain seperti proses periklanan. Untuk itu, sebelum memulai usaha dan berkeinginan untuk bertahan dalam jangka waktu lama, perhatikan beberapa hal penting yang akan kami bahas.

Anda jangan lagi mengulang kesalahan yang sudah pernah dilakukan oleh pebisnis gagal sebelumnya. Kebanyakan dari mereka menjalankan bisnis dengan sangat gegabah. Jika bisnis yang Anda jalani sudah lama, mungkin tidak butuh pertimbangan besar. Apalagi jika Anda berperan sebagai supplier dari penjualan suatu produk atau agen bagi jasa tertentu.

Namun, akan berbeda sekali jika Anda berencana melakukan atau memulai bisnis online. Di mana, Anda harus siap dengan modal besar yang dikeluarkan. Selain itu, tenaga dan pikiran juga harus fokus agar setiap perencanaan tidak ada yang terlewatkan. Mulai dari memilih lokasi bisnis, menentukan besaran modal, menentukan target konsumen, dan lain-lain.

Dengan memahami langkah apa saja yang harusnya diambil, pasti akan sangat membantu dalam menentukan keputusan. Selain itu, mencegah risiko kegagalan dan pengeluaran modal yang tidak diharapkan juga bisa Anda minimalisasi. Berikut ini akan dibahas apa saja langkah yang seharusnya Anda persiapkan sebelum memulai usaha Anda.

Business plan vector concept on blue background, flat cartoon working table with paper sheet and business plan handrawn text

Tentukan Usaha yang Akan Dijalani

Meski terdengar sederhana, namun langkah ini tidak mudah untuk dilakukan. Mencari tahu usaha apa yang bisa dijalankan, bisa dengan cara melihat kebutuhan konsumen sekitar. Misalnya, Anda tinggal di daerah pinggiran yang kebanyakan masyarakat belanja kebutuhan sehari-hari itu dalam jumlah kecil Anda bisa mencoba buka usaha kios sayuran.

Bagi Anda yang tinggal di pinggiran kota dan melihat banyak mahasiswa di tempat tinggal sekitar, bisa mencoba usaha fotocopy. Jika perencanaan bisnis yang dilakukan berdasarkan peluang, kemungkinan sukses dan bertahan lebih lama itu juga lebih besar. Untuk itu, dari sekarang jangan terlalu fokus pada kesuksesan orang lain.

Menyiapkan Peralatan Yang Mendukung Usaha

Jika sudah menentukan usaha yang akan dijalankan, langkah selanjutnya Anda harus mencari tahu kebutuhan peralatan yang mendukung usaha. Misalnya Anda berencana menjual bakso di jalanan, langsung Anda buatkan daftar peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari gerobak, mangkok, sendok, atau bagi Anda yang berencana membawa kursi dan meja untuk membuka lapak sesekali nantinya.

Hitung Kebutuhan Modal

Bagi Anda yang memulai usaha dari nol, penting untuk menghitung besaran modal yang dibutuhkan. Hal ini penting Anda lakukan sebelum modal sisa ini kemudian di plotkan untuk kebutuhan alat atau bahan masak jika Anda fokus pada bisnis kuliner. Meski tidak bisa melakukan perhitungan bersih, setidaknya Anda sudah tahu bayangan kasar berapa.

Membeli Alat di Pabriknya Langsung

Apakah Anda hendak melakukan bisnis makanan, minuman, atau bahkan perabotan mahal pastikan membeli langsung di pabriknya. Sebisa mungkin Anda usahakan bagaimana caranya agar mendapatkan distributor yang menawarkan harga paling murah. Ini penting Anda perhatikan untuk menghindari yang namanya kerugian besar atas perbandingan dengan harga jual.

Jika nantinya Anda menemukan pabriknya ini berlokasi jauh dengan tempat domisili Anda tinggal, tidak masalah. Asalkan si penjual terpercaya dan juga amanah, tidak masalah karena yang terpenting barangnya itu sampai ke tangan Anda. Mendapatkan informasi mengenai distributor murah bisa dengan bertanya kepada kerabat atau keluarga yang mungkin tahu.

Susun Business Plan Sebaik Mungkin

Dalam memulai perencanaan mengenai jalannya bisnis, pastinya sangat menguras pikiran dan tenaga. Ada yang bahkan menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan demi mendapakan ide bisnis plan yang maksimal. Pastikan Anda tidak merasa bosan dan jenuh saat dalam proses ini, coba melakukan mediasi dengan diri sendiri.

Dengan bantuan berbagai macam artikel rencana bisnis yang bertebaran di internet pastinya sudah sangat membantu. Ada beberapa dari ratusan bahkan ribuan artikel tersebut yang nantinya sesuai dengan kata hati dan juga jenis bisnis yang Anda jalankan. Tidak harus terlalu maksimal, karena di pertengahan jalan bisnis nanti Anda bisa revisi dan tambahkan lagi apa yang kuran.

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here