Sebagian orang mungkin menganggap bahwa traveling bersama anak akan menyusahkan. Tapi, justru hal inilah yang membuat setiap momen traveling terasa berkesan karena kita bisa menikmati traveling atau liburan bersama si kecil. Sebagai orang tua, pasti kita ingin menghabiskan banyak waktu bersama anak, bermain, dan mengamati perkembangan mereka dengan baik.

Sayangnya, kesibukan seringkali membuat kita tidak bisa bermain dengan anak. Momen liburan menjadi waktu yang tepat untuk melakukan traveling seru bersama anak. Tentu saja ada banyak hal yang perlu diperhatikan, berbeda jika kita melakukan solo traveling. Oleh karena itu, simak artikel berikut sebelum Anda melakukan traveling dengan buah hati.

Pemilihan Tempat Wisata

Bagi Anda yang ingin berlibur bersama anak, maka pemilihan tempat tidak boleh asal memilih. Jika traveling sendiri mungkin Anda bisa berlibur ke tempat yang ekstrem, tapi jika Anda membawa anak, sebaiknya dipikirkan kembali. Keamanan dan keselamatan buah hati menjadi penting untuk diperhatikan saat Anda memilih tempat wisata yang tepat.

Selain itu, pilihlah tempat wisata yang disukai oleh anak Anda. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda berdiskusi mengenai tempat wisata yang akan dikunjungi. Jika anak Anda suka berenang, maka pantai atau waterboom bisa menjadi pilihan. Jika ia suka melihat hewan-hewan, kebun binatang bisa dipilih. Jadi, anak akan bersemangat saat berangkat traveling.

Banyak destinasi wisata yang bisa Anda pilih untuk traveling bersama anak. Sebelum memilih, pastikan Anda sudah mencari informasi mengenai destinasi tersebut, mengenai harga tiket masuk, fasilitas, akses jalan dan lain sebagainya. Mungkin Anda bisa memberikan pilihan pada anak dengan beberapa destinasi yang menarik untuk dikunjungi agar mereka lebih antusias mengikuti traveling.

Pemilihan Waktu yang Tepat

Solo traveling mungkin lebih mudah dilakukan karena kita tidak perlu menyesuaikan jadwal atau waktu dengan orang lain. Namun, jika kita mengajak buah hati untuk traveling, maka kita harus memikirkan waktu yang tepat, terutama jika anak Anda sudah bersekolah, hanya weekend dan hari libur yang bisa Anda pilih untuk melakukan traveling dengan anak.

Selain itu, Anda juga harus memperhitungkan musim atau cuaca yang sedang berlangsung. Seperti yang kita tahu, daya tahan tubuh anak belum optimal sehingga mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, musim dingin mungkin dirasa riskan untuk berwisata bersama anak. Sebaiknya, Anda memilih waktu di mana cuaca sedang bersahabat agar anak terhindar dari terjangkit penyakit.

Barang yang Perlu Disiapkan

Hal lain yang perlu Anda persiapkan adalah keperluan yang dibutuhkan anak selama traveling. Jika anak Anda masih balita, maka akan lebih banyak lagi perlengkapan yang harus dibawa, seperti pakaian ganti, popok, makanan ringan, termos, susu, gendongan bayi dan lain sebagainya. Semua itu menjadi perlengkapan yang wajib dibawa selama traveling.

Berbeda jika anak Anda sudah besar, paling tidak berumur 7 tahun ke atas, maka ia bisa mempersiapkan keperluannya sendiri, meski dengan bantuan Anda sebagai orang tua. Mereka juga bisa membawa sendiri bekal atau keperluannya dengan tas. Hal ini justru akan mengajarkan kemandirian untuk buah hati dan mereka akan mendapatkan pengalaman yang berkesan.

Transportasi yang Nyaman

Anak umumnya lebih sensitif terhadap suatu hal yang membuat mereka tidak nyaman, termasuk transportasi yang digunakan saat traveling. Apabila transportasi kurang nyaman, mood mereka biasanya akan terpengaruh, seperti mudah marah, bosan, tidak antusias dan lain sebagainya. Kondisi inilah yang membuat kita harus mempersiapkan transportasi yang nyaman untuk anak.

Transportasi umum mungkin bisa memberikan pengalaman baru bagi anak, tapi Anda juga harus memperhatikan kenyamanan anak, misalnya memilih busway, bis, kereta atau transportasi lain yang masih nyaman. Itulah mengapa transportasi pribadi sering dijadikan solusi bagi mereka yang ingin liburan bersama anak, namun Anda juga harus memberikan pengalaman baru untuk buah hati.

Bagaimana? Anda pasti sudah tidak sabar untuk menghabiskan waktu dengan traveling bersama buah hati, bukan? Saatnya, Anda membuat agenda traveling seru bersama buah hati untuk menciptakan momen tak terlupakan, baik bagi Anda sebagai orang tua atau pun bagi buah hati. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here