Apakah Anda pernah mengajak orangtua traveling? Jika sudah lama tidak mengunjungi orang tua, mengapa tidak mengajak mereka untuk traveling bersama? Dengan mengunjungi berbagai macam destinasi favorit, hubungan Anda dan orangtua pasti akan menjadi semakin erat. Tak hanya itu, traveling dapat menjadi bentuk terima kasih Anda untuk mereka.

Namun, mengajak orangtua wisata tidak semudah seperti yang dibayangkan, apalagi mereka sudah berusia lanjut. Anda harus melakukan berbagai macam persiapan dan memilih destinasi yang cocok untuk dikunjungi. Jika sekarang ini Anda sedang merencanakan berlibur bersama dengan orangtua, berikut berbagai destinasi dan tipsnya.

Destinasi Wisata Bersama Orangtua

Pertama, Museum Pembela Tanah Air. Menghabiskan waktu liburan bukan hanya mengunjungi wisata yang menyenangkan. Kita juga harus mengunjungi wisata yang memiliki nilai edukasi. Salah satunya adalah Museum Pembela Tanah Air. Tempat wisata di Bogor ini akan memberikan kita aroma kental perjuangan pahlawan memperjuangkan kemerdekaan.

Kedua, Desa Wisata Pancawati. Desa Wisata Pancawati ini menawarkan suasana yang damai, tenang, dan asri yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Letak wisata ini berada di Kecamatan Caringin. Anda dapat menyaksikan tarian Sunda, melihat pertunjukan wayang golek, hingga menyantap kuliner khas dan tradisional. Bagi Anda yang ingin menginap, di sana juga menyediakan kamar untuk bermalam.

Ketiga, Seruni Tematik Hotel. Jika dilihat, memang wisata ini tak lain adalah kawasan penginapan yang biasanya dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk beristirahat di sela-sela libur akhir pekan. Akan tetapi, pihak manajemen hotel menyulap kolam renang di sana menjadi pantai buatan yang dapat dijadikan sebagai sarana bermain anak.

Keempat, Wisata Citamiang. Wisata Citamiang merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang cukup menarik untuk Anda kunjungi di akhir pekan. Lokasi ini terletak di kawasan Kampung Pondok Rawa, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor. Di kawasan wisata ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan hutan pinus dan perkebunan teh yang sangat asri.

Terakhir, Patung Buddha Tidur. Hanya dari namanya “Sleeping Buddha” atau patung Buddha tidur saja Anda pasti sudah bisa membayangkan bahwa di sini akan disuguhi pemandangan patung Buddha yang berbaring. Untuk membuat patung Buddha dengan ukuran panjang 18 meter dengan tinggi 5 meter ini pihak vihara menghabiskan lebih dari 500 sak semen.

Tips Mengajak Orangtua Traveling

Pertama, pilih destinasi yang cocok. Destinasi menjadi hal yang harus dipertimbangkan dengan baik. Meskipun mereka memiliki kesehatan yang prima, namun usia begitu mempengaruhi kondisi fisik. Lebih-lebih saat berlibur. Lebih baik, Anda melakukan sedikit riset mengenai alat transportasi di kota yang Anda tuju. Jika mereka harus menggunakan alat bantu seperti kursi roda, pastikan di sana memiliki sarana yang bagus.

Kedua, jangan lupa cek kesehatan. Kondisi kesehatan orangtua memiliki pengaruh yang sangat besar pada rencana liburan Anda. Anda bisa memantaunya dengan melakukan check-up. Sampaikan seperti apa riwayat kesehatan pada dokter yang bertugas sehingga bisa memberi saran medis. Dari sana, Anda bisa mengetahui, apa hal yang harus dihindari.

Ketiga, gunakan pakaian yang longgar. Perjalanan yang jauh dapat membuat orang tua menjadi kurang nyaman dan kelelahan, oleh sebab itu pastikan mereka mengenakan pakaian yang nyaman dan longgar. Anda bisa mencari pakaian entah jaket atau kaus yang mempergunakan bahan katun, sehingga keringat akan mudah terserap dan menjadi semakin nyaman.

Keempat, longgarkan budget penginapan. Menginap di hotel yang memiliki budget rendah memang seru, namun hal tersebut akan seru jika dilakukan bersama dengan teman-teman. Jika mengajak orangtua, lebih baik menginap di hotel yang nyaman, semakin nyaman hotel yang Anda pilih, akan semakin seru liburannya.

Terakhir, jangan terlalu banyak kegiatan. Mungkin jika liburan sendirian, Anda pasti ingin mengunjungi berbagai macam destinasi wisata. Namun ingat, sekarang Anda bersama dengan orangtua, sehingga hindari pergi ke banyak destinasi. Lebih baik pilih destinasi-destinasi yang menarik dikunjungi bersama dengan mereka.

Kunci mengajak traveling bersama dengan orang tua adalah sabar. Kondisi fisik mereka yang menurun membuat Anda harus berjalan dengan lamban serta menghabiskan banyak waktu di tempat wisata, selain itu Anda juga harus sabar, karena mungkin mereka membuat Anda harus lebih sering mengulang kata-kata.

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here