Curug Leuwi Hejo, Green Canyon ala Bogor yang Menarik

Pernahkah mengunjungi Curug Leuwi Hejo? Curug ini berada di salah satu kota di kawasan Jabodetabek, yaitu Kota Bogor. Kawasan yang dikenal dengan sebutan Kota Hujan ini memiliki banyak pilihan tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam dengan iklim yang sejuk dibanding kota lain di sekitarnya.

Sayangnya trafik wisatawan semakin membludak menimbulkan kemacetan meski bukan di hari weekend. Tentu saja hal ini akan mengganggu kenyamanan berlibur. Namun, tidak perlu khawatir karena masih ada tempat wisata yang tidak kalah indahnya yang bisa Ada kunjungi saat berada di Bogor, yakni Leuwi Hejo. Keindahan alam yang ditawarkan lokasi wisata ini bahkan disebut-sebut hampir mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika.

Alamat Wisata

Leuwi Hejo adalah sebuah tempat wisata terkenal yang berlokasi di Kampung Wangan Cileungsi, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor. Untuk bisa mencapai lokasi wisata alam ini, Anda perlu menempuh perjalanan berjarak 10 kilometer dari pusat kota Bogor. Jarak tersebut akan memakan waktu kurang lebih 20 – 45 menit.

Sedangkan, untuk Anda yang datang dari kota Jakarta, Anda harus menempuh perjalanan sejauh sekitar 50 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan. Mengingat Bogor adalah salah satu kota metropolitan, maka sepanjang jalan menuju curug ini, Anda jarang melihat pemandangan alam seperti area persawahan yang hijau ataupun ladang. Apalagi jika Anda datang dari Jakarta.

Namun, tidak perlu berkecil hati, karena jika cuaca kota Bogor sedang cerah, maka Anda bisa menikmati pemandangan gunung yang menjadi kebanggaan kota Bogor yaitu Gunung Pangrango dan Gunung Gede. Untuk mencapai lokasi curug indah ini, Anda harus melalui Tol Jagorawi jika bertolak dari kota Jakarta.

Setelah itu, Anda keluar di Sentul City lalu bertolak ke kawasan rainbow hills golf. Sepanjang perjalanan, ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di pertigaan dan ambil rute ke kanan hingga bertemu pertigaan lagi (pertigaan Gunung Pancar dan Karang Tengah). Setelah sampai di pertigaan ini, silahkan ambil rute ke kiri dan ikuti jalan hingga bertemu objek wisata Leuwi Hejo di bagian kanan jalan.

Setelah memarkirkan kendaraan, Anda tidak langsung sampai ke lokasi air terjun. Pasalnya, Anda harus berjalan kaki melawati area trekking terlebih dahulu untuk bisa sampai ke Leuwi Hejo Sentul. Trekking ini akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Pesona Keindahan Alam yang Menakjubkan

Curug Leuwi Hejo adalah salah tujuan wisata favorit para pelancong yang ingin menikmati keindahan air terjun di kota Bogor. Walaupun kota Bogor mempunyai banyak sajian air terjun, namun keindahan air terjun yang satu ini memiliki pesonanya tersendiri. Saking indahnya, bahkan air terjun ini disebut sebagai green canyon-nya kota Bogor.

Kolam berwarna hijau toska tersebut juga mempunyai air yang sangat jernih dan segar. Tak jarang bahkan para wisatawan yang berenang menggigil karena kedinginan. Kejernihan kolam tersebut semakin dibuktikan dengan penampakan dasar kolam yang berupa tanah dan bebatuan yang bisa dilihat secara jelas.

Hanya saja, Anda perlu berhati-hati saat berenang di kolam ini, karena dasar kolam ini dipenuhi dengan bebatuan yang sangat licin. Untuk Anda yang tidak bisa berenang, sangat tidak disarankan untuk turun ke kolam untuk mencegah terjadinya kecelakaan di dalam air yang kedalamannya mencapai 1,5 meter.

Untuk bisa menikmati keindahan dan keasrian air terjun ini, setiap pengunjung harus membayar biaya retribusi sebesar 15 ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi berupa sepeda motor dikenakan biaya parkir sebesar 8000 rupiah dan biaya parkir mobil dipatok sebesar 10.000.

Dengan harga tiket yang murah tersebut, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam dan juga fasilitanya. Apabila Anda berencana untuk main air atau berenang di objek wisata ini, sebaiknya membawa juga baju ganti. Jangan sampai ketinggalan, karena keseruan berlibur tidak lengkap ke sana tanpa bermain air di sekitar air terjun.

Ketika berwisata ke lokasi ini, sebaiknya Anda menggunakan transportasi roda dua saja, mengingat posisi parkir lebih dekat dengan pintu masuk, sehingga ketika Anda trekking akan lebih mudah dan juga menghemat tenaga.

Tinggalkan Balasan