Right click is disabled!

Berencana Pergi Traveling Sendirian? Siapa Takut!

Gemar traveling namun tidak suka ribet? Mengapa tak mencoba pergi traveling sendirian? Selain dapat melepas rasa penat, traveling sendirian atau solo traveling akan memberikan kebebasan tersendiri bagi Anda untuk mengeksplor dunia di luar sana. Traveling memang tidak harus ramai-ramai, traveling sendirian bisa menjadi pengalaman baru yang menarik.

Solo traveling biasanya memunculkan kesan was-was seperti akan tertipu atau tidak bisa menemukan pilihan tempat yang tepat dan yang lainnya. Namun, jika Anda berpikiran positif, Anda akan merasa nyaman dan aman ketika solo traveling. Ingin perjalanan solo traveling Anda tetap nyaman? Berikut berbagai macam tips yang dapat diikuti.

Tips Saat Solo Traveling

Pertama, cari informasi sebanyak mungkin. Agar tak kebingungan saat jalan-jalan, usahakan Anda mencari informasi terlebih dahulu sebanyak mungkin mengenai destinasi wisata yang akan dikunjungi. Ketika memiliki banyak pengetahuan, Anda tidak akan kebingungan ketika berada di sini. Sehingga sebelum berangkat, Anda bisa mencari tahu apa transportasi yang dapat digunakan.

Kedua, membawa uang yang cukup. Sebelum berangkat solo traveling, Anda dapat memperkirakan berapa jumlah uang yang harus dibawa selama menempuh perjalanan. Dengan membawa uang yang cukup, Anda akan bisa hidup dengan hemat dan anti boros. Anda juga tak perlu merasa parno saat membawa uang secukupnya. Intinya, Anda tetap bisa melakukan solo traveling dengan sangat nyaman.

Ketiga, selalu perhatikan penampilan. Setiap negara atau kota pasti memiliki nilai budaya berbeda. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah cara berpakaian. Sesuaikan gaya berpakaian yang Anda miliki dengan nilai budaya yang ada di wisata tersebut, selain itu Anda juga harus membatasi penggunaan aksesoris sehingga tidak mengundang tindak kriminal.

Keempat, lakukan komunikasi dengan masyarakat sekitar. Karena Anda berlibur sendirian, Anda dapat melakukan komunikasi dengan masyarakat di sekitar Anda berkunjung. Informasi mengenai wisata yang seru hingga kuliner yang murah bisa Anda peroleh dari masyarakat sekitar. Biasanya, mereka lebih memahami seluk beluk lokasi yang akan dikunjungi.

Terakhir, ketika traveling sendirian, Anda tak perlu malu-malu dan harus menjadi orang yang percaya diri. Jika Anda tidak berani, perjalanan Anda bisa menjadi kurang menyenangkan. Selain itu jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan saat ingin berfoto di sebuah tempat wisata. Jangan sampai, hanya karena tidak berani meminta bantuan mengambil foto, Anda tidak memiliki koleksi foto sama sekali.

Manfaat Pergi Traveling Sendirian

Ada berbagai macam manfaat besar melakukan traveling sendirian. Pertama, lebih hemat. Walaupun bepergian bersama dengan orang lain akan menghemat biaya karena bisa share cost, namun banyak yang melihat jika solo traveling akan membantu Anda menjaga isi dompet. Jika ingin lebih menghemat biaya, Anda bisa tinggal di hostel.

Kedua, fleksibilitas hanya milik Anda seorang. Bila bepergian bersama dengan orang lain, Anda harus membagi waktu dan keinginan. Namun dengan solo traveling ini, Anda akan menjadi semakin bebas dan fleksibel, karena bepergian sendiri, berarti Anda lah yang menjadi kapten. Susun berbagai perjalanan sendiri yang Anda suka tanpa memikirkan orang lain.

Ketiga, jalin koneksi baru. Ketika solo traveling, Anda akan memiliki tema seperjalanan. Bahkan, ketika tersesat di sebuah tempat, Anda bisa dengan mudah bertanya pada sesama orang lokal. Dalam hal ini, Anda dituntut banyak berinteraksi dengan orang baru, bisa jadi pertemanan Anda dan orang yang Anda temui akan berlanjut sesudah traveling.

Keempat, belajar percaya diri. Ketika bepergian bersama dengan sahabat, pasti Anda akan lebih mengandalkannya ketika memperoleh sebuah kesulitan di perjalanan. Sepintas memang akan lebih tenang, karena saat terjadi hal yang tak diingini, Anda hanya perlu minta tolong pada sahabat. Namun, kebiasaan ini malah membuat Anda tidak mandiri. Namun dengan solo traveling, Anda bisa lebih mandiri.

Hal yang paling utama dalam solo traveling ialah kebebasan berekspresi. Bila biasanya malu-malu saat ingin berfoto, Anda bisa bebas berfoto tanpa terkesan malu-malu. Bahkan jika biasanya keinginan Anda dibatasi karena harus mengambil jalan tengah bersama dengan teman-teman, saat solo traveling Anda bisa lebih bebas.

 

 

Tinggalkan Balasan