Right click is disabled!

5 Pilihan Wisata Anti Mainstream di Sulawesi, Yuk Simak

Tahukah Anda, jika ada begitu banyak wisata anti mainstream di Sulawesi? Jika masih memiliki banyak jatah cuti, kenapa tidak menghabiskan waktu ke Sulawesi saja? ada begitu banyak lokasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Seperti gunung yang megah, pantai mempesona, hingga danau yang cantik.

Selain itu, Anda juga bisa mampir menikmati keindahan spot unik di kota-kota besar seperti Makassar. Bingung memilih wisata yang harus dikunjungi terlebih dahulu? Untuk membantu Anda merancang list destinasi wisata, berikut beberapa spot yang harus Anda kunjungi ketika berada di Sulawesi.

Spot Liburan Anti Mainstream di Sulawesi

Pertama, Gunung Bawakaraeng. Gunung Bawakaraeng berlokasi di Kabupaten Gowa, memiliki ketinggian 2830 mdpl, Gunung Bawakaraeng menjadi gunung paling tinggi nomor 5 di provinsi Sulawesi Selatan. Memiliki vegetasi berbeda yakni rendah, pegunungan atas dan bawah, bisa dikatakan jika Gunung Bawakaraeng merupakan pilihan pendakian pecinta wisata.

Kedua, Bukit Ollon. Bukit Ollon berlokasi kurang lebih 36 kilometer jika dari Kota Makale. Bukit Ollon memberikan pemandangan barisan bukit yang terhampar sangat luas, dan memberikan kesan yang damai untuk siapa saja. Setiap harinya, ada begitu banyak wisatawan yang mengunjungi Bukit Ollon karena ingin merasakan sensasi berada di bukit Teletubbies.

Ketiga, Pantai Gonda. Jangan pernah mengaku anak pantai jika Anda belum pernah mengunjungi Pantai Gonda yang berlokasi di Sulawesi Barat. Pantai Gonda berlokasi di Ds Mampie, Galeso, Polewali Mandar. Tak hanya cantik, Pantai Gonda juga mempunyai keunikan yang tak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Pantai Gonda mempunyai air yang sangat jernih dan berwarna biru.

Keempat, Masjid 99 Kubah. Masjid 99 Kubah ini memiliki lokasi yang tidak jauh dari Pantai Losari. Tempat ini berdiri di atas pulau reklamasi. Walaupun demikian, masjid ini berubah menjadi ikon baru untuk Sulawesi Selatan. Masjid 99 Kubah memiliki kubah-kubah yang bergaris seperti mengelilingi kubah utama yang memiliki diameter besar serta berada di tengah.

Terakhir, Danau Towuti. Danau Towuti berlokasi di Luwu Timur. Danau Towuti ini memiliki status sebagai danau tektonik purba, tak ayal ada begitu banyak biota alam yang nantinya Anda temukan di sini baik di atas atau pun di bawah seperti anggrek epifit sampai ikan opudi.

Kuliner Khas Sulawesi yang Tak Boleh Terlewat

Saat sudah lelah mengunjungi wisata anti mainstream di Sulawesi, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi makanan khasnya, salah satunya adalah buras. Buras memang menjadi jajanan pasar khas Sulawesi yang menjadi menu wajib turun temurun. Bahkan, buras ini selalu hadir ketika masyarakat menggelar hajatan seperti pesta panen atau pun pernikahan.

Jika Anda merupakan penikmat jajanan pasar, seperti kurang lengkap jika tidak mencicipi buras. Dari bentuknya, buras mirip dengan lontong yang dibalut dengan daun pisang, namun bila diperhatikan justru mempunyai sudut persegi, memanjang dan pipih. Untuk cita rasanya, buras memiliki rasa yang gurih dari perpaduan santan yang dimilikinya.

Ada beberapa kuliner Sulawesi yang nikmat disantap dengan buras. Pertama, coto Makassar. Siapa yang tidak tahu makanan lezat ini? Memiliki bahan dasar daging sapi rebus dan jeroan, coto Makassar memiliki sensasi gurih dan pedas pada kuahnya. Masakan ini semakin nikmat saat disantap dengan buras.

Kedua, sop konro. Tak hanya coto Makassar, Sulawesi juga memiliki sop konro yang memiliki rasa begitu lezat. Sop konro merupakan makanan dari Makassar yang dibuat dari iga dan daging pilihan sehingga terasa lunak dan fresh. Kuah sop yang dimilikinya begitu kaya rempah sehingga akan menghangatkan tubuh Anda.

Terakhir, pallubasa. Bentuk makanan ini memang tidak jauh berbeda dengan coto Makassar. Tetapi pallubasa mempunyai rasa yang lebih mewah bila dibandingkan dengan coto Makassar. Makanan ini mempergunakan jeroan sapi dan kerbau, selain itu makanan ini juga mengandung bumbu rempah khusus. Disajikan dengan hangat, makanan ini sangat nikmat bila disantap dengan kerupuk.

Sudah lengkap bukan list wisata ke Sulawesi? Mulai dari destinasi yang akan dikunjungi hingga kuliner yang akan disantap sudah diperoleh. Jadi, segera atur jadwal Anda, sehingga rencana liburan ke Sulawesi bisa berjalan dengan lancar. Jangan lupa pilih akomodasi hotel yang sesuai dengan budget. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan